Perpanjangan Beasiswa Monbusho

Setelah lama dinanti, akhirnya pengumuman diterima/tidaknya perpanjangan beasiswa monbusho datang juga. Dan alhamdulillah, saya termasuk salah satu orang yang diterima perpanjangan beasiswa tersebut. Selama 2 tahun ke depan saya akan mendapat beasiswa yang sama, sebesar 126.000 yen.

Berbicara tentang beasiswa monbusho, untuk lulusan SMU sendiri ada 3 macam program yang ditawarkan, yaitu program S1 (5 tahun), D3 (4 tahun), dan D2 (3 tahun). Adapun besarnya beasiswa perbulan adalah 126.000 yen (1 yen = 120 rupiah). Untuk info lebih lanjut bisa mengakses di situs kedubes Jepang. Saya sendiri mendapat beasiswa untuk program D3 di tahun 2005.

Salah satu keuntungan dari beasiswa ini adalah dapat memperpanjangnya asal memenuhi syarat yang ditetapkan. Untuk program S1 bisa memperpanjang hingga S3, sedangkan D3 dan D2 bisa ke S2. Kali ini saya akan menceritakan proses perpanjangan beasiswa D3. Syarat untuk memperpanjang beasiswa D3 (kebetulan D2 juga sama) ke S1 adalah IP (Indeks Prestasi) nya harus 2.8 (dari skala 3), dan presentase kehadiran adalah diatas 95%. Kemudian selain IP, kita juga diminta surat rekomendasi tanin sensei (guru pembimbing) dan keikakusho (rencana belajar ke depan). Setelah lengkap, kita akan diminta mengirim lamaran itu di bulan awal desember. Sedangkan hasilnya akan diumumkan di akhir februari. Untuk tahun ini, pengumuman kelulusan pada tanggal 27 Februari.

Bagi lulusan SMU yang ingin mencoba kuliah di luar negeri, beasiswa D3 ini mungkin bisa dijadikan pilihan. Selain ada rencana pemerintah Jepang yang akan menaikkan jumlah penerima beasiswa monbusho program D3 hingga 3 kali lipat dalam 2/3 tahun kedepan, beasiswa ini pun bisa diperpanjang hingga S2 (maksimal).

1 Komentar ::

Unknown mengatakan...

Buat yang tinggal di Jepang, ini ada layanan SMS murah ke Indonesia, 1 SMS ga sampai 4 yen, bisa kirim lewat email keitai dan komputer. Sekarang lagi promo besar. Kunjungi aja www.diaxl.com