Go to gakkai

Rabu kemarin (22 Oktober), aku berkesempatan untuk berpartisipasi di AMEC (Asian Meeting on Electroceramics) yang sudah ke-enam kalinya diadakan. Pada tahun ini, diadakan di kota Tsukuba, kota yang dikenal sebagai pusat research di jepang. Ada 2 session pada konverensi kali ini, yaitu oral presentation dan poster presentasion. Karena bahasa inggris-ku gak bagus-bagus amat ^^;, aku berparitisipasi sebagai peserta di bagian poster presentation.


Ceramics sendiri identik dengan bahan inorganik yang sangat luas aplikasinya. Mulai sebagai ubin/keramik ^^, bidang elektronik, hingga bidang energi. Penelitian-ku sendiri berkaitan dengan proton elektrolit (bahan untuk memindahkan proton/ion H+ dari anoda ke katoda) dari bahan inorganik untuk aplikasi fuel cell, calon sumber energi masa depan.

Persiapan untuk AMEC-6

Untuk pergi ke gakkai/konverensi bukan lah perkara mudah. Butuh persiapan matang dan topik yang menarik. Untuk topik, aku cukup bersyukur mendapat topik yang lumayan lagi hot. Sedangkan untuk persiapan sendiri, aku tidak mempersiapkannya secara khusus, karena sensei tiba-tiba meminta aku untuk mendaftar AMEC-6 ^^;. Alhamdulillah, penelitian yang sudah ku lakukan sebelumnya, setidaknya cukup untuk membuat proceeding awal yang hanya 1 lembar. "Setidaknya daftar terlebih dahulu, selanjutnya ganbarimasho ^^" ujar sensei-ku. Mau gak mau harus menuruti titah sensei. Aku pun mencoba mendaftar untuk sesi poster presentation.

Tugas selanjutnya yang menanti adalah membuat proceeding 4 lembar dalam bahasa inggris. Sebenarnya aku tinggal melengkapi sedikit data saja. Walaupun sedikit, ternyata data tersebut sangat sulit diambil akibat musim panas yang berlembab. Bahan yang aku teliti, sangatlah hygroscopic (mudah menyerap uap air) sehingga kelembapan yang tinggi (mencapai 80%), akan membuat bahan mudah melunak. Walaupun telah mencoba beberapa kali untuk mengatasinya, hasilnya tetap jauh dari yang diharapkan. Hal ini yang cukup membuat ku stress, apalagi juken daigaku yang semakin dekat.

Ditengah kebuntuan ide, tiba-tiba saja mendapat referensi dari sensei untuk menanggulangi masalah tersebut. Yaitu mencampurnya dengan sebuah bahan polimer. Ternyata berhasil. Akhirnya data-data semua terkumpul, menjadi mudah untuk membuat proceeding. Jadi teringat kisah sang alkemis (karya Paulo Coelho), "Jika kamu berusaha mewujudkan takdirmu, maka seluruh alam semesta akan membantu mewujudkan takdir tersebut".

"Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui", begitulah bunyi peribahasa yang benar-benar ku maknai. Selain membuat proceeding untuk AMEC-6, dengan dengan tema yang sama, aku berhasil membuat proceeding satu lagi untuk nihon taiyou energi gakkai (Japan solar energy society) dengan penambahan sedikit data. Poster pun, hingga sehari menjelang konverensi, dapat diselesaikan.

Hari-H, AMEC-6

Tibalah hari-H, yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun sensei-ku. Sehingga ketika istirahat siang, ku ditraktir oleh sensei ^^. Di tsukuba sendiri, ada toko yang menjual paffe yang ukurannya sangat besar. Dengan penuh penasaran seberapa besar paffe tersebut, segera kami pergi ke toko tersebut. Dan ternyata memang benar-benar besar, tingginya setengah tubuh manusia. 5 orang pun tidak sanggup menghabisi paffe tersebut. Karena memang sudah makan makanan berat sebelumnya (^^)


Setelah perut kenyang dengan paffe, segera kami kembali ke tempat acara. Tempat acara sendiri, sudah dipenuhi oleh peserta dari Thailand, India, China, Taiwan, dan Korea yang siap dengan presentasinya. Akhirnya tiba giliranku untuk presentasi poster dalam berbahasa inggris yang merupakan pengalaman pertama kali bagiku. Walaupun konverensi ini skala Asia, namun bahasa yang mendominasi tetaplah bahasa jepang. Aku sendiri malah lebih sering menjelaskannya dalam bahasa jepang, khususnya untuk orang jepang yang datang. Menjelaskan dalam bahasa inggris, sangat membuatku kewalahan karena sering kecampur dengan bahasa Jepang. Selama 90 menit, presentasi ini berlangsung. Alhamdulillah ada 7 orang yang mau sengaja mampir ke tempat ku ^^;. Cukup banyak juga masukan/saran yang aku dapatkan mengenai tema yang aku bawa. Waktu yang tersisa, ku isi dengan jalan-jalan melihat poster dari peserta lain. Dan temanya seru-seru. Ada yang membawakan tema mengubah bentuk crystal ZnO dengan mudah dengan merubah tegangan arus D.C", dan lain-lain.

Acara ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi ku. Cukup menyenangkan juga lho ikut gakkai. Jangan ragu untuk mencobanya!

Dan tak lupa sebuah foto sebagai kenang-kenangan.


gakkai : konverensi/kongres
juken daigaku : ujian masuk universitas

0 Komentar ::